Revolusi 4G

tanggal posting : 2015-04-10
Era 4G di depan mata kita. 4G adalah singkatan dari fourth-generation technology.
Istilah ini umumnya digunakan mengacu kepada standar generasi keempat dari teknologi telepon seluler.
4G merupakan pengembangan dari teknologi 3G dan 2G. Terdapat dua kandidat standar untuk 4G yang dikomersialkan di dunia yaitu standar WiMAX (Korea Selatan sejak 2006) dan standar Long Term Evolution (LTE) (Swedia sejak 2009).
Perkembangan teknologi nirkabel dapat dilihat dari rangkuman berikut ini:
1. Generasi pertama: hamper seluruh system pada generasi ini merupakan system analog dengan kecepatan rendah (low speed) dan suara sebagai objek utama. Contoh: NMT (Nordic Mobile Telephone) dan AMPS (Analog Mobile Phone System)
2. Generasi kedua: dijadikan standar komersial dengan format digital, kecepatan rendah menengah, contoh: GSM dan CDMA2000 1xRTT
3. Generasi ketiga: digital, mampu mentransfer data dengan kecepatan tinggi (high speed) dan aplikasi multimedia untuk pita lebar (broadband), contoh: W-CDMA atau lebih dikenal juga dengan UMTS dan SDMA2000 1xEVDO
Secara sederhana dapat diartikan bahwa teknologi 1G adalah telepon analog/PTSN yang menggunakan seluler sementara teknologi 2G, 2.5G, dan 3G merupakan ISDN.
Antara generasi kedua dan ketiga sering disisipkan generasi 2.5 yaitu digital kecepatan menengah hingga 150 kbps. Teknologi yang masuk kategori 2.5G adalah layanan berbasis data seperti GPRS (general packet radio service) dan EDGE (enhance data rate for GSM evolution) pada domain GSM dan PDN (packet data network) pada domain CDMA. Sebelum 4G, high speed downlink packet access (HSDPA) yang kadangkala disebut sebagai teknologi 3.5G telah dikembangkan oleh WCDMA sama seperti EVDO mengembangkan CDMA2000. HSDPA adalah sebuah protocol telepon genggam yang memberikan jalur evolusi untuk jaringan Universal Mobile Telecommunications System (UMTS) yang akan dapat memberikan kapasitas data yang lebih besar sampai 14.5 Mbit/detik.
Hampir semua layanan provider telepon seluler telah dan sedang mempersiapkan layanan 4G ini.
Diharapkan secepatnya semua infrastruktur dan SDMnya telah siap karena walau bagaimanapun pelanggan di Indonesia akan sangat menguntungkan bagi perusahaan-perusahaan tersebut.
Source Wikipedia Indonesia



Related News

2013-04-26     Free Perangkat Hotspot Untuk Cafe
2013-03-14     BlackBerry Masih Juara di Indonesia
2015-04-10     Revolusi 4G
2013-04-26     Free Perangkat Hotspot Untuk Cafe
2013-03-14     Lab Rahasia Google Siapkan Produk 'Gila' Baru
2013-03-22     Free Perangkat Hotspot Untuk Sekolah
2013-03-14     Era 4G Sudah di Depan Mata
2013-03-14     Robot Bakal Punya Akses Internet Sendiri

Produk sesuai kebutuhan anda

Menghantarkan koneksi internet yang cocok bagi anda. mulai dari internet personal (rumahan) hingga internet korporasi, Tersedia pula internet yang cocok untuk warnet, Gamenet, Sekolah dan kantoran dengan berbagai pilihan bandwidth.

Monitoring Jaringan anda

Anda dapat memantau sendiri dan mengatur penggunaan bandwidth internet menggunakan real time bandwidth monitoring dan peralatan pendukungnya yang kami sediakan..

Tidak perlu lagi beli perangkat

Anda tidak perlu lagi berinventasi peralatan karena kami meminjamkan router dan perangkat wireless serta menggantinya apabila terjadi kerusakan tanpa biaya apapun sehingga anda dapat berhemat